Cegukan

Posted: February 15, 2011 in medicine
Tags: ,

hiccupGw yakin kalo semua orang pernah yang ngalamin namanya cegukan atau dalam bahasa inggrisnya disebut hiccup. Cegukan adalah suatu keadaan yang terjadi ketika bagian dari tubuh kita yang dikenal sebagai diafragma berkonstraksi secara tiba-tiba (spasme).
diafragma

Diafragma merupakan otot yang memisahkan bagian rongga dada dan rongga perut kita. Setiap kali terjadi spasme terjadi pengambilan napas yang cepat secara tiba – tiba yang kemudian dihambat oleh penutupan glottis (pembukaan antara pita suara) sehingga menghasilkan suara yang disebut sebagai cegukan.

Terus sebenarnya apa sih yang memicu terjadinya cegukan ini ? kegiatan bernapas, makan dan minum yang terlalu cepat dan berbicara ketika makan dapat menjadi beberapa pemicunya. Jenis makanan yang dimakan pun berpengaruh terhadap terjadinya spasme diafragma ini, seperti makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas dan bahkan makanan yang terlalu pedas. Minum minuman beralkohol juga dapat menyebabkan cegukan. So guys, sekarang kan udh pada tau tuh penyebabnya jadi bisa dihindarilah biar kagak cegukan. Soalnya lo tau sendiri, cegukan itu ga nyaman banget dan sangat mengganggu.
hiccup

Sekarang, kalo kita kena cegukan gimana yaa cara menghentikannya ? cegukan bisa dihentikan dengan minum air secara perlahan sambil sedikit mendongakan kepala. Hal ini untuk menormalkan kembali proses kontraksi diafragmanya. Sebagian praktisi menyarankan untuk menahan napas selama mungkin (tapi jangan sampe “lewat” juga yaa.hahaha) untuk menghentikan cegukan ini. Tetapi sebenarnya, tanpa perlakuan seperti di atas juga cegukan bisa berhenti sendiri dalam beberapa menit.

Tapi ada juga lho cegukan yang ga ilang – ilang dalam beberapa hari, minggu, bulan atau bahkan menetap bertahun – tahun. Kalau yang itu biasanya ada kelainan/kerusakan di nervus phrenicusnya. Nervus phrenicus adalah nervus yang mempersarafi diafragma. Jika nervus ini rusak atau ada gangguan biasanya diafragma bakal mengalami spasme sehingga bikin cegukan. Cegukan yang ini ga bisa ilang walaupun kita minum air ataupun menahan napas. Untuk mengobatinya perlu dilkukan pembedahan.

Sources:

http://scienceray.com/biology/human-biology/what-causes-hiccups-the-physiology-of-hiccuping/

http://www.britannica.com/EBchecked/topic/264842/hiccup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s